Friday, December 28, 2018

Happiness is Homemade by Puty Puar

Judul : Happiness is Homemade
Editor : Baiq Nadia Yuniarthi
Proofreader : Titish A. K.
Ilustration & layout : Puty Puar
Cover : Nocturvis
Penerbit : Bentang Belia
Jumlah halaman : iv + 160 halaman
Tahun terbit : 2017



Buat kamu, BAHAGIA itu kayak apa sih?

Bagi setiap orang, definisi bahagia bisa beda-beda. Nah, dalam buku ini ilustrator menyentil kita bahwa bahagia itu sederhana banget. Dari hal-hal kecil yang terjadi di sekeliling kita pun bisa lho jadi sumber kebahagiaan. 

Contohnya, nemuin benda kecil macam jarum pentul dan peniti waktu lagi siap-siap kerja. Ini lho harusnya disyukuriiii banget. Pernah dulu waktu udah mepet mau berangkat, jarum pentul yang ada di wadah jarum ternyata tumpul semuaaa, hiks..syedih kan, mana buru-buru mau berangkat.
Yang aku banget lainnya adalah mencium aroma kopi. Haha. Terlepas dari saat itu pagi/siang/sore. Aroma kopi selalu bikin pengen menghirup udara dalam-dalam. Love it!

Friday, November 23, 2018

Ayahku (Bukan) Pembohong by Tere Liye

Judul : Ayahku (Bukan) Pembohong
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-16 : September 2016
Jumlah halaman : 304 halaman




Dam berhenti memercayai cerita-cerita ayahnya sejak berusia dua puluh. Ketika sang ayah menceritakan kisah-kisah itu pada Zas dan Qon, Dam pun teringat masa kecilnya. Masa-masa yang diisi dengan dongeng-dongeng dan cerita hebat petualangan ayahnya semasa muda. Cerita yang selalu bisa membesarkan hati Dam kecil.

Cerita-cerita ini dibungkus dengan embel-embel "Rahasia Besar Ayah", sebuah nama yang selalu bisa membangkitkan rasa penasaran dan antusiasme Dam. Mulai dari kisah Suku Penguasa Angin yang bersabar atas penganiayaan orang lain; Apel Emas Lembah Bukhara yang bisa melapangkan hati yang sempit dan menjernihkan pikiran yang kotor; si Raja Tidur yang menguasai ilmu kedokteran dan hukum; dan tentu saja kisah pamungkas tentang Sang Kapten, idola Dam, yang ternyata sahabat baik ayahnya.

Ayah Dam adalah orang yang jujur. Bahkan menurut orang-orang di sekelilingnya, semua yang keluar dari mulut sang ayah adalah kebenaran. Oleh karenanya, Dam percaya semua cerita Sang Ayah. Cerita-cerita tersebut sedikit banyak mempengaruhi cara bersikap Dam, menjadi inspirasi tersendiri untuknya. Hingga suatu ketika Dam bersekolah di Akademi Gajah dan menemukan sebuah buku usang yang berjudul Apel Emas Lembah Bukhara. Apakah cerita-cerita Ayah Dam selama ini hanya dongeng belaka? Cerita bohongan? Tapi, bukankah Ayah Dam terkenal akan kejujurannya?

"Tidak mungkin. Kata bapakku, ayah kau tidak pernah berbohong. Ayah kau terlalu jujur." (halaman 94)
 "Persahabatan Ayah dengan si Raja Tidur itu nyata, Dam. Senyata kita yang saat ini duduk berdua membicarakannya." (halaman 187)

***

Sudah berapa banyak novel tentang hubungan Ayah-Anak yang teman-teman baca? Saya, baru satu ini, kalau tidak salah ingat. Karya Tere-Liye yang satu ini berhasil membuat mata saya berkaca-kaca. Terima kasih lho. Perlu diketahui, saya bukan penyuka novel yang kisahnya bikin haru, menitikkan air mata pembaca. Selama ini saya selalu menghindari novel-novel seperti ini. :p

Thursday, October 25, 2018

Revered Back by Inggrid Sonya

Judul : Revered Back
Penulis : Inggrid Sonya
Editor : Pradita Seti Rahayu
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Jumlah halaman : vi + 412 halaman
Diterbitkan pertama kali : Tahun 2015





"Perasaan yang terlalu lama diendap dalam-dalam tanpa balasan itu menyakitkan" (halaman 3)


Revered Back menceritakan tentang Ranjana Putri Gantari (Jana) yang memiliki perasaan khusus pada Dimi. Jana begitu mengenal Dimi. Jika dianalogikan, Dimi adalah benda sedangkan Jana adalah bayangannya. Dalam kesehariannya, Jana adalah siswi yang semena-mena terhadap orang lain. Apalagi jika ada yang ngomongin Jana di belakang dan ketahuan. Oleh karenanya, Jana dijuluki Dewi Medusa oleh siswa lain.

Jana hanya mau mendengarkan kata-kata Dimi. Mengingat kelakuan Jana, Dimi harus bersedia menjadi rem demi melindungi orang yang disukainya. Apa yang disembunyikan Dimi nyatanya terendus juga oleh Jana. Kedekatan Dimi dengan Gwen diketahui oleh Jana. Karena kesal dan merasa dibohongi, Jana pun mencelakai Gwen--hal yang akhirnya ia sesali.

Thursday, September 27, 2018

Satu Ruang by Aqessa Aninda

Judul : Satu Ruang
Penulis : Aqessa Aninda
Editor : Pradita Seti Rahayu
Tahun terbit : 2017
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah halaman : 450 halaman



Satrya, cowok ganteng (cogan) berkacamata yang sampai saat ini belum bisa move on sepenuhnya dari Alisha. Dari zaman SKPL sampai novel ini terbit, doi masih gitu-gitu aja, belum move on. Pfft. Dari luar kelihatan sebagai cogan pintar nan humoris, tapi aslinya suka baper kalau urusan hati. Nurut banget sama kakaknya yang kata doi udah kayak Mak Lampir, dan sering diajak jadi anggota pelengkap cewek-cewek pemburu promo Sbux.

Kinan, cewek cuantik mirip princess-princess yang ada di kartun Disney, lembut, rapuh, dan agak tertutup. Meskipun tertutup, kalau dia merasa nyaman dengan seseorang, bisa juga cerita panjang, hehe. Seleranya klasik banget, mulai dari musik sampai cara berpakaiannya, tapi sama sekali tidak melunturkan kecantikan parasnya.

Friday, August 31, 2018

Someday by Winna Efendi

Judul: Someday
Penulis: Winna Efendi
Editor: Gita Romadhona
Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: Cetakan pertama, 2017
Jumlah halaman: vii + 400 halaman
*baca di google play books*



Kadang manusia harus membuat pilihan-pilihan yang salah sebelum menemukan pilihan yang terbaik. Harus terjatuh dulu, agar tahu rasanya bangkit.

Novel ini berkisah tentang sepenggal kehidupan Chris. Gadis tomboi yang skeptis pada cinta. Chris berkaca pada kehidupan orang tuanya, keluarganya. Seingat Chris, awalnya pertengkaran kedua orang tuanya sering kali berkisar seputar Colin. Dia adalah adik kandung Chris yang memiliki Trysomi 21. Sebuah kelainan genetik yang menyebabkan Colin mengalami keterbelakangan fisik dan mental.

Aku tidak ingin seperti Milo, yang terus mengecek ponsel setiap kali mengirimkan pesan kepada Kak Mel, menanti-nanti jawabannya dengan penuh harap. Aku tidak ingin menunggu kepastian untuk sebuah jawaban mengenai perasaanku. (Halaman 10)

Setidaknya Chris masih beruntung karena memiliki Milo, sahabatnya dari kecil. Tidak ada rahasia di antara mereka, sampai Chris dekat dengan Arthur Soembardi atau yang biasa dipanggil Art. Art yang misterius tapi mengagumkan, bagi Chris. Lucunya, kedekatan Chris dengan Art momennya tidak jauh berbeda dengan kedekatan Milo dengan Kak Mel, wanita idaman Milo sejak pertama kali menginjakkan kaki di SMA Pelita. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...