Tuesday, April 07, 2015

1/6 by Flazia

Judul: 1/6
Penulis: Flazia
Desainer: Jang Shan & Lisa Fajar S.
Penata isi: Abdurrahman
Penerbit: Grasindo
Jumlah halaman: 232
Tahun terbit: 2014
ISBN: 9786022517191






Cerita bermula dari tergila-gilanya Samantha Arin dengan seseorang yang nama panggilannya sama dengannya Samuel, dari SMU Saitama. Suara berat pemuda itu menjadi semacam obat penenang bagi Samantha. Demi mendengar suara merdunya, Sam rela meminjam telepon orang-orang di sekitarnya, bahkan menggunakan telepon umum untuk menghubungi Samuel, mendengarnya berkata "halo", lalu menutup telepon itu lagi.

Latar waktu melompat ke beberapa tahun kemudian dan menceritakan kegiatan Samantha sebagai seorang mahasiswi jurusan kedokteran. Kemudian, tanpa sengaja bertemu dengan seorang aktor dan personel band terkenal Kai Takahashi. Pertemuan pertama Sam dengan Kai Takahashi meninggalkan kesan yang kurang baik pada diri mereka berdua. Orang bilang first impression itu kan penting banget ya, lha ini ketemu pertama malah berantem. Kai menuduh Sam bersandiwara atas ucapan berdukanya karena kematian kakek Kai, sedangkan Sam malah menyuruh Kai untuk mati. Duh! Ternyata saat itu nametag Himeka masih masih menempel di jas dokter yang dipakai Sam--Sam dan Himeka bertukar jas sebelumnya. Jadilah yang diingat Kai adalah gadis itu bernama Himeka.


Hari itu juga, sepulang dari apartemen Kazuo, Sam hampir tertabrak oleh sepeda yang dikendarai seorang gadis SMU bernama Akane. Karena sedikit terluka, Sam pun mengantar Akane pulang dan mengobati lukanya. Di sanalah pertemuan kedua Sam dengan Kai dan keduanya sama-sama merawat Akane yang mendadak demam. Dan gugurlah kesan-kesan buruk pertemuan pertama mereka, tinggal rasa bersalah karena sudah berlaku kurang baik pada pertemuan sebelumnya.

Setelah pertemuan di rumah Kai, hubungan Sam dengan Kai pun membaik. Sam dan Kai semakin sering bertemu, entah itu kebetulan atau mereka sengaja "membuat agenda" bersama. Kedekatan Sam dengan Kai membuat teman-teman keduanya saling mengenal, Sam dengan kelompok tutorialnya, dan Kai dengan Mr. Sky. Himeka yang asli curiga ketika Kai memanggil Sam dengan panggilan "Himeka". Akhirnya Sam membuat suatu pengakuan pada Himeka, bahwa dia mengaku sebagai Himeka di depan Kai.

Di antara geng-nya, Sam yang paling berbeda, dia sama tidak mengidolakan laki-laki kece personel Mr. Sky. Meskipun bukan fans Mr. Sky, tapi Sam juga bukan antifans. Ternyata idola Sam adalah Samuel Jang, aktor Korea yang namanya mirip dengan nama laki-laki impiannya saat mereka SMU. Sam-Samantha, dan Sam-Samuel. Apakah Sam dan Kai berjodoh? Mampukah seorang gadis biasa, calon dokter menghadapi rintangan saat memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seorang idola?

Novel ini intinya menceritakan tentang Sam dan Kai, dari awal mereka kenalan-deket-terus yah, akhirnya pacaran. Simpel dan udah ketebak endingnya, tapi bumbu-bumbu penyedapnya lumayan; ada komedinya, banyak juga dibahas tentang dunia kedokteran, tentang move on ada juga. Ternyata Sam menyimpan sesuatu di balik ketidak-ngefans-annya pada Mr. Sky. Dialog yang dipaparkan penulis juga khas J-Lit yang sasarannya pembaca abegeh, lincah dan seru.

Sudut pandang pencerita menggunakan sudut pandang orang pertama, dengan Samantha dan Kai bercerita bergantian. Soal ceritanya, saya agak bingung dengan jalan pikiran Sam yang menyembunyikan jati dirinya. Kenapa pas kenalan sama Kai gak ngaku namanya Sam aja coba. Krik krik. Iseng? Apa gimana?

Karena saya membaca versi ebook, rasanya semua yang berbau kedokteran mau saya captured, hehe. Soalnya seru banget baca ilmu baru, tapi dimasukin ke cerita fiksi. Saya acungi jempol ke penulisnya yang berlatar belakang pendidikan sama dengan tokoh Sam. Jempol tambahan untuk kreativitasnya menciptakan cuplikan lagu-lagu Mr. Sky.

Berikutnya, judul novel ini diambil dari salah satu lagunya Mr. Sky, lho. Ada juga asal usul dari bilangan 1/6 ini. Recommended novel untuk yang sedang ingin membaca novel J-Lit ringan.


My Rate:





1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...