Sunday, July 13, 2014

Membentangkan Surga di Rahim Bunda by dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

Judul: Membentangkan Surga di Rahim Bunda
Penulis: dr. Prita Kusumaningsih, SpOG
Penyunting: Ian Hamzah
Desain cover: Yukie
Penata letak: Sandi Waluyo
Penerbit: Qultum Media
Jumlah halaman: 192
Cetakan pertama: 2011



Buku ini agak telat saya baca sebenarnya. Bukannya dibaca dari awal kehamilan atau bahkan sebelum hamil, malah saya baca waktu kira-kira sudah berada di akhir trimester kedua, hehe. Tapi, kan ada pepatah yang mengatakan kalau tidak ada kata terlambat untuk belajar, jadilah saya tetap membuka-buka buku ini sebagai tambahan pengetahuan di kala hamil ini.

Dirangkum dalam sepuluh bab yang cukup padat, buku ini sangat bermanfaat sebagai referensi dalam menghadapi keluhan yang timbul selama kehamilan. Tidak hanya itu, di dalamnya juga dijelaskan sebab musababnya timbul keluhan yang dimaksud, sehingga bisa lebih mempersiapkan mental ibu dan keluarga dalam menghadapinya. Buku ini juga menyajikan berbagai informasi tentang tanda-tanda bahaya yang perlu diwaspadai menjelang kelahiran, kehamilan dan persalinan berisiko tinggi, mitos-mitos selama kehamilan, dan informasi lain yang sebaiknya diketahui oleh ibu hamil, seperti senam kehamilan, tips melahirkan normal, serta petunjuk berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui.

Dari kesepuluh bab, yang paling saya sukai adalah pembahasan mengenai mitos-mitos kehamilan, mengingat mau tidak mau ketika mengetahui bahwa kita sedang hamil, orang-orang sekitar yang merasa sudah lebih berpengalaman pasti memberikan wejangan apa yang harus dilakukan dan dihindari oleh ibu hamil. Meskipun terkadang ada benarnya, tetapi tidak semua saran tersebut benar secara medis. Misalnya saja larangan minum es selama hamil karena takut bayinya nanti gemuk. Rupanya hal ini hanya mitos belaka karena es terbuat dari air, dan air bukanlah penyebab kegemukan. Yang benar adalah, kalau takut gemuk, para ibu hamil harus menghindari makanan atau minuman berkalori tinggi, baik itu dingin, hangat, maupun panas.

Buku ini juga dilengkapi dengan doa dan zikir selama kehamilan yang insyaAllah menambah keberkahan dalam masa kehamilan. Selain itu, juga ada bonus kalender kehamilan, seperti yang dimiliki para bidan dan dokter kandungan, hehe. Sangat bermanfaat untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan dan kapan perkiraan lahirnya. Manfaat yang tidak kalah penting adalah kalender ini juga bisa dijadikan pembatas buku. XD

Karena isinya yang cukup lengkap, saya menyarankan agar buku ini tidak hanya dibaca oleh para ibu hamil (atau calon ibu hamil), tetapi juga para suami, para orang tua yang anaknya sedang hamil, sehingga kehamilan bisa menjadi momen yang lebih bisa dinikmati bersama dengan penuh perhatian antara ibu hamil dengan lingkungannya. ^__^


My Rate:

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...