Monday, January 13, 2014

Hamil Sehat, Cantik, dan Bahagia: 0-3 Bulan by William Sears, M.D. & Martha Sears, R.N.



Judul: Hamil Sehat, Cantik, & Bahagia: 0-3 Bulan
Penulis: William Sears, M.D. dan Martha Sears, R.N., 
bersama Linda Hughey Holt, M.D., F.A.C.O.G.
Penerjemah: Veronica Utami
Proofreader: Aulia Nurdini
Penerbit: Buah Hati
Jumlah halaman: 258
Cetakan I: Februari 2011
Harga: Rp. 55.250
*Beli di bukukita.com*



Buku ini berisi banyak hal yang perlu diketahui, disiapkan, maupun diantisipasi oleh para parents wanna be. Meskipun judulnya ada kata "cantik", bukan berarti buku ini hanya ditujukan bagi calon ibu. Calon ayah pun harus membaca buku ini, mengingat merekalah orang yang kemungkinan paling sering berada di samping sang calon ibu. Mereka juga yang kemungkinan akan terkena efek perubahan emosinya, hehehe. Bagi calon ayah, buku ini bisa membantu mereka memahami apa yang dirasakan oleh para istri yang sedang mengandung buah hati. Dan bagi calon ibu sendiri, informasi dalam buku ini tentu saja sangat penting, terutama mereka yang newbie dalam hal kehamilan.

Seri Hamil Sehat, Cantik, dan Bahagia dibagi menjadi tiga buku. Buku pertama berisi panduan bagi ibu hamil 0-3 bulan, buku kedua 4-6 bulan, dan buku ketiga 7-9 bulan. Nah, di buku pertama ini, dijelaskan mengenai perubahan emosi dan fisik calon ibu, perkembangan janin di dalam perut ibu, kekhawatiran yang biasa muncul tiap bulannya, dan berbagai tips yang berguna bagi ibu maupun bayinya (yang akan berdampak pada si ayah juga dong).


Bagian yang membuat saya lemas, pusing, dan agak takut adalah ketika saya membaca perihal keguguran. Rasanya ingin saya skip bagian ini, tapi takutnya ada info yang sayang untuk dilewatkan, jadi saya menguatkan diri untuk bertahan (ehem!), meskipun lemas. Dan tanggal 25 Desember kemarin, saat usia kehamilan saya sekitar 9 pekan, sempat ada flek sedikit. Buku ini cukup membantu menenangkan saya saat mengalami kejadian tersebut. Di buku ini dijelaskan bahwa flek sendiri terbagi dalam dua kondisi, yaitu ada yang perlu dikhawatirkan dan ada yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena tenang-tenang saja dan (sepertinya) kakak bayi baik-baik saja, saya pun tidak buru-buru pergi ke DSOG. Pas kemarin jadwal kontrol, DSOG-nya bilang, "Kalau ada flek langsung ke sini ya, Bu. Takutnya ada apa-apa." Alhamdulillah kemarin kontrol, si kakak baik-baik aja.

Kekurangan dari buku yang informatif ini adalah banyaknya kotak tips yang justru memisahkan paragraf bahasan yang diangkat. Ini mengakibatkan pembaca perlu membolak balik halaman jika ingin melanjutkan paragraf bahasan atau ingin membaca tips di dalam kotak tersebut. Di luar kekurangan ini, saya sangat merekomendasikan buku ini dibaca oleh para calon ibu dan calon ayah. Sebagai persiapan, buku ini sebaiknya dibaca sebelum menjadi ibu hamil, meskipun tidak ada kata terlambat dalam mencari ilmu. Selamat membaca.


My Rate: 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...